Panduang Lengkap SMS Banking BTN

SMS Banking Bank BTN adalah layanan mobile Banking dimana nasabah dapat mengakses seluruh data keuangan nasabah dengan mudah. Selain itu nasabah juga dapat melakukan berbagai macam jenis transaksi dengan muda dan cepat.

Apa Itu SMS Banking BTN ?

Beberapa bank mungkin memperlakukan dual account untuk setiap nasabah. Akun yang utama adalah rekening konvensional sedangkan akun ke adalah rekening ponsel.

Tetapi hal tersebut tidak ada pada layanan mobile Banking BTN. Untuk pengertian dari layanan mobile Banking BTN adalah fitur mobile Banking dimana nasabah dapat melakukan berbagai macam transaksi melalui ponsel maupun smartphone.

Untuk memahami pengertian dari apa itu sms banking btn? Pada dasarnya sms / Mobile Banking BTN ini juga termasuk rekening bank konvensional. Sehingga satu akun dapat diakses dengan 2 macam cara, yaitu konvensional dan melalui handphone. Nasabah pun tidak perlu melakukan pindah saldo terlebih dahulu hanya untuk melakukan transaksi.

Jenis fitur mobile Banking BTN ada 2 buah macam, yaitu SMS Banking dan Internet banking. Layanan SMS Banking adalah suatu layanan yang dapat diakses dengan USSD code. Sedangkan Internet banking adalah layanan mobile Banking melalui aplikasi BTN Mobile Banking.

Daftar SMS Banking BTN

Cara daftar sms banking BTN cukup mudah, hanya saja ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Ketentuan tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Mempunyai rekening BTN yang aktif

Syarat untuk menggunakan layanan mobile Banking BTN adalah mempunyai rekening bank konvensional di BTN. Rekening tersebut juga masih dalam status aktif.

2. Nasabah harus melakukan registrasi nomor ponsel terlebih dahulu

Hal ini pada dasarnya untuk pembaharuan data nomor telepon. Sebab sebagian besar nasabah sering gonta – ganti nomer telepon dan nomor telepon yang telah tidak digunakan akan dibuang begitu saja. Untuk proses registrasi nomor telepon dapat dilakukan di kantor cabang BTN terdekat.

3. Mengunduh aplikasi BTN Mobile Banking

Cara yang satu ini hanya untuk nasabah yang hendak menggunakan layanan e-banking. Sedangkan nasabah yang ingin registrasi sms banking, tidak perlu mengunduh aplikasi ini.

Format Kode Perintah SMS Banking BTN

Berikut ini adalah daftar format kode perintah sms banking btn:

No Format Kode Keterangan
1. *141*15*1# Informasi saldo dan mutasi 5 rekening
2. *141*15*2# Transfer
3. *141*15*3# Pembayaran
4. *141*15*4# Pembelian
5. *141*15*5# Info suku bunga dan kurs
6. *141*15*6# Admin

Cara Aktivasi SMS Banking BTN

Layanan mobile Banking BTN terdapat 2 macam, yaitu SMS Banking dan Internet banking. Masing – masing layanan tersebut mempunyai keunggulan masing – masing.


Lalu bagaimana cara daftar sms banking BTN? Sebelum melakukan registrasi, pastikan terlebih dahulu bahwa nomor telepon yang digunakan saat ini telah terdaftar.

Untukcara aktivasi sms banking btn dapat dilakukan di ATM terdekat. Langkah registrasi antara lain :

  1. Klik menu sms banking.
  2. Klik pendaftaran sms banking.
  3. Klik persetujuan pendaftaran.
  4. Masukkan nomor telepon yang telah teregistrasi di BTN.
  5. Masukkan nomor pin yang telah diterima.
  6. Ambil struk user ID dan PIN SMS Banking, simpan struk tersebut dengan baik.
  7. Layanan SMS Banking pun telah dapat digunakan.

Sedangkan cara untuk aktivasi e-banking btn juga dapat dilakukan di ATM terdekat. Langkah registrasi e-banking btn sebagai berikut ini :

  1. Klik menu Internet banking
  2. Pilih pendaftaran Internet banking
  3. Klik persetujuan pendaftaran
  4. Masukkan nomor telepon
  5. Masukkan pin yang telah diterima melalui sms
  6. Ambil struk user ID dan PIN pada ATM. Simpan struk tersebut dengan baik.
  7. Download Aplikasi BTN Mobile Banking di play store / App Store
  8. Login dengan menggunakan user ID dan PIN sesuai dengan struk ATM.
  9. Layanan e-banking BTN pun telah dapat digunakan.

Biaya SMS Banking BTN

Tarif biaya SMS Banking BTN sama dengan biaya transaksi sesuai dengan ketentuan OJK. Sedangkan untuk detail limit transaksi antara lain :

  1. Limit tarik tunai melalui ATM sebesar 5.000.000 IDR. Dengan maksimal frekuensi 5 kali sehari.
  2. Limit transfer ke sesama rekening BTN adalah 10.000.000 IDR. Jumlah frekuensi maksimal seberapa 7 kali sehari.
  3. Limit transfer ke bank lain yaitu 10.000.000 IDR. Maksimal frekuensi dalam sehari adalah 5 kali.

Kelebihan SMS Banking BTN

Baik layanan SMS Banking dan Internet banking BTN mempunyai kelebihan masing – masing. Untuk kelebihan SMS Banking BTN adalah sebagai berikut ini :

  1. Dapat diakses dengan cepat, mudah dan tanpa menggunakan data seluler.
  2. Cara cek saldo sms banking btn tidak sulit dan memakan waktu yang lama
  3. Menu yang tersedia di sms banking merupakan menu utama yang dibutuhkan oleh nasabah. Sehingga transaksi apapun dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Sedangkan kelebihan dari internet banking BTN adalah :

  1. Mempunyai fitur yang lebih lengkap.
  2. Cara transfer sms banking btn lebih mudah dipahami.
  3. Terdapat layanan cara transfer beda bank dengan sms banking btn hingga transfer ke valas internasional.
  4. Dapat mengetahui daftar ATM BTN terdekat.
  5. Informasi mutasi saldo rekening sangat kompleks.
  6. Dapat melakukan berbagai macam transaksi, baik itu pembayaran dan pembelian dengan mudah dan keterangan yang lebih jelas.
  7. Terdapat fitur customers service, sehingga nasabah dengan cepat untuk memberi kritik dan saran serta penjelasan lengkap tentang produk dari BTN.
  8. Dapat diakses dengan berbagai jenis aplikasi browser pada pc dan smartphone.

Cara Menggunakan SMS Banking BTN

Cara menggunakan sms banking btn sangat mudah,  hanya dengan ketik USSD code btn. Untuk USSD code btn adalah *141*15#. Kemudian pilih menu jenis transaksi sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu juga dapat menggunakan SMS dan dikirim ke 3555. Untuk SMS, pastikan menggunakan format yang benar. Daftar lengkap format SMS Banking BTN dapat dilihat di situs resmi BTN.

Sayangnya fitur SMS Banking dengan format SMS telah lama digunakan. Faktor utamanya adalah para nasabah mempunyai kesulitan dalam menghafal semua format SMS. Lalu penggunaan USSD dirasa lebih mudah dan hanya dengan memilih menu jenis transaksi yang dibutuhkan.

Sedangkan untuk menggunakan Internet banking BTN adalah dengan mengikuti petunjuk cara menggunakan aplikasi tersebut.

Kelemahan Internet Banking BTN

Satu – satunya kelemahan terbesar dari internet banking BTN adalah rawan serangan hacker. Sebab akun Internet banking BTN sama dengan akun bank konvensional dan bukan merupakan akun rekening ponsel. Jadi bagi yang menggunakan aplikasi BTN Mobile Banking harus senantiasa waspada supaya saldo tidak terkuras habis.

Oleh karena itu nasabah btn lebih baik menggunakan layanan SMS banking. Walaupun mempunyai fitur yang terbatas, tetapi tingkat keamanannya jauh lebih tinggi daripada Internet banking BTN.

Itulah review lengkap mengenai layanan internet banking dan SMS Banking BTN. Untuk fitur yang mempunyai keamanan lebih adalah sms banking btn. Dengan akses tanpa data seluler membuat saldo rekening aman.


Leave a Comment

Tutup Iklan